Friday, July 20, 2018

Pompa ASI Secara Manual dengan Tips Sederhana Ini


Saat akan melakukan pompa ASI Anda harus memastikan terlebih dahulu tangan sudah dalam keadaan yang steril. Tujuannya agar ASI yang dipompa tidak terkontaminasi dengan kuman dan bakteri. Berikut ini tips sederhana yang dapat Anda terapkan untuk memompa ASI ketika bayi kesulitan untuk menghisap secara langsung atau ASI yang produktivitasnya tinggi.

Pompa ASI Secara Manual

1.    Pijat Payudara

Lakukan pijatan pada payudara dengan terlebih dahulu memegang payudara tepat di belakang areola. Areola merupakan daerah yang berwarna hitam berbentuk lingkaran tempat puting payudara Anda berada. Letakkan jempol di bagian atas payudara Anda dan empat jarinya lagi letak di bagian bawah payudara. Lakukan pijatan dengan lembut menggunakan jari Anda.

Lakukan pijatan berulang-ulang secara perlahan tanpa membuat jari Anda bergeser posisi. Jaga kecepatan pijatan untuk tetap stabil sampai puting payudara Anda mengeluarkan tetesan ASI. Jangan meremas payudara saat melakukan pijatan karena akan membuat ASI sulit untuk keluar dan Anda akan merasakan kesakitan.

2.    Sediakan Botol

Sebelum ASI keluar Anda sudah menyiapkan botol untuk menampung ASI. Anda bisa menggunakan botol yang berukuran besar agar tidak membuat Anda kerepotan dengan mengambil botol lagi. Anda bisa juga menggunakan kantong ASI yang memiliki klep sehingga membuat Anda lebih mudah saat menampung ASI.

3.    Posisi Jari
Ketika pijatan yang Anda lakukan sudah berhasil dengan keluarnya Asi makan pindahkan posisi tangan Anda. Posisinya mendekat ke area puting untuk memeras ASI lebih cepat. Lakukan dengan tempo yang stabil agar ASI dapat terus keluar tanpa tersendat.

Jika ASI mulai menurun keluarnya Anda dapat melakukan pijatan kembali agar ASI dapat keluar. Lakukan pompa ASI secara manual ini dengan ke dua payudara Anda agar produktivitas ASI tetap berjalan dengan baik. Pastikan ASI sudah benar-benar habis untuk menghentikan proses pompa ASI.

4.    Bersihkan Payudara
Setelah melakukan pompa ASI Anda harus membersihkan payudara dengan menggunakan handuk hangat. Hal ini untuk membersihkan sisa asi yang tertinggal sehingga tidak menimbulkan kerak pada bagian puting yang berisiko menempelnya kuman dan bakteri.

Anda bisa mengelap dengan handuk hangat sambil melakukan pijatan. Bersihkan ke dua payudara dengan rata tanpa ada sisa ASI yang tertinggal. Pembersihan pada payudara ini juga dapat Anda lakukan sebelum memompa ASI agar kelenjar susu terangsang untuk mengeluarkan ASI lebih cepat.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu bisa membeli pompa ASI elektrik di Jakarta great online sale 2018 yang menyediakan beragam produk. Anda bisa mengecek produk berkualitas yang tersedia di website orami.com yang menjual berbagai perlengkapan ibu dan bayi. Anda dapat berbelanja semua kebutuhan yang diperlukan dengan cepat, mudah, dan harga yang murah sesuai ketentuan.

0 comments:

Post a Comment