Monday, April 15, 2019

Ini Dia 3 Jenis Helm Motor yang Aman Anda Gunakan di Jalan Raya


Bagi Anda yang baru saja membeli motor dan ingin menggunakannya untuk beraktivitas, maka Anda juga membutuhkan perlengkapan lainnya agar aman dan sesuai dengan undang-undang. Selain kelengkapan surat-surat kendaraan dan surat ijin mengemudi, yang Anda butuhkan adalah helm motor. Helm adalah perlengkapan wajib yang harus dikenakan oleh siapa saja yang akan mengendarai motor di jalan raya. Peraturan ini tertuang di undang-undang dan diawasi pelaksanaannya oleh kepolisian. Menggunakan helmpun adalah salah satu kebutuhan agar semua pengendara motor lebih aman meski terjadi kecelakaan.

Peraturan penggunaan helm saat ini mewajibkan Anda pengguna kendaraan untuk memakai helm berSNI. Apa itu SNI? SNI merupakan kependekan dari Standar Nasional Indonesia dimana helm yang memiliki logo tersebut berarti sudah sesuai dengan standar helm yang diinstruksikan oleh pemerintah. Dari tampilan luarnya, helm berSNI haruslah helm yang menutupi kepala manusia dengan baik terutama di bagian atas dan belakang. Dengan peraturan ini Anda tak bisa lagi menggunakan helm tempurung atau helm batok yang hanya menutupi bagian atas kepala saja. Helm batokpun sekarang sudah tidak diperjualbelikan karena tidak boleh digunakan di jalan raya.

Lalu jenis helm apa yang bisa digunakan dengan aman di jalan raya? Berikut ini adalah beberapa jenis helm motor yang bisa Anda pilih untuk digunakan berkendara dengan aman:

1. Helm full face

Helm full face
Helm full face adalah helm yang menutupi kepala secara menyeluruh. Helm ini melindungi kepala atas dan belakang dengan body atau kerangkanya yang kuat. Selain itu di bagian bawah, terdapat pelindung dagu sehingga helm tampak rapat menutup kepala. Di bagian depan terdapat kaca yang bisa dibuka ataupun di tutup. Di depan kaca bagian atas, ada atap helm yang bisa melindungi Anda dari benda jatuh sehingga tidak mengganggu konsentrasi saat berjalan. Helm jenis inilah yang paling aman sehingga sering digunakan oleh para biker dan racer saat berlaga.

2. Helm half face

Helm half face

Helm half face memiliki perbedaan dengan helm full face di bagian pelindung bawah atau dagu. Helm half face tidak memiliki pelindung dagu sehingga lebih mudah digunakan dan dilepas. Hal ini juga membuat helm half face lebih ringan untuk dipakai oleh wanita.

3. Helm bogo

Helm bogo
 
Helm bog sebetulnya adalah jenis helm half face yang menggunakan design ala retro dengan kacamata cembung.

Sebelum berkendara di jalan raya pastikan Anda sudah memiliki helm. Untuk membeli helm motor sesuai keinginan, Anda bisa memilihnya di Moladin yaitu situs penjualan motor dan aksesorisnya. Di Moladin ada banyak varian helm yang bisa Anda pilih dan beli untuk menemani Anda berkendara. Harga helm di Moladin juga lebih terjangkau sehingga Anda bisa berbelanja dengan hemat.

0 comments:

Post a Comment